4Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Grobogan  dalam rangka peningkatan wawasan, serta pengetahuan tentang mekanisme, prosedur dan perangkat hukum untuk  pelayanan perizinan,   telah menggelar Sosialisasi Pelayanan Perizinan  dan Penanaman Modal , pada hari Senin  10 Agustus 2015 ,  bertempat  di di Aula Dinas Cipta Karya. Sebagai mana  laporan ketua penyelenggara sosialisasi ini di ikuti 80 peserta  dari bebeberapa elemen masyarakat dan petugas pelayanan di Paten Kecamatan se Kabupaten Grobogan.

Dalam acara pembukaan sosialisasi tersebut  Kabid Pengaduan, Informasi dan Pengembangan sdr. Suprianto dalam Sambutan Pembukaan mewakili Kepala Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Grobogan, menyampaikan bahwa sosialisasi ini bertujuan yang pertama  menyebarluaskan informasi mengenai layanan perizinan yang bisa dilayani di BPPT, kedua memperkuat koordinasi  pemangku kepentingan perizinan guna meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja pemerintah dengan adanya perizinan cepat, mudah, transparan, serta pasti,  dan ketiga  sarana pembelajaran masyarakat dalam rangka peningkatan wawasan, pengetahuan, kesejahteraan sehingga masyarakat mau dan mampu berperan serta dalam setiap program pemerintah.

Dalam sambutan tersebut lebih lanjut  disampaikan  juga bahwa berbagai perizinan yang sebelumnya diurus secara terpisah  di Dinas Teknis kini bisa diproses di kantor BPPT Kabupaten Grobogan, Pemohon izin usaha baru sampai pengembangan bisnis cukup datang ke kantor BPPT tanpa harus berkeliling ke kantor-kantor Dinas Teknis

"Pengurusan perizinan cukup datang ke BPPT, tidak  perlu datang ke dinas teknis. Kalau mau tanya izin-izin atau rekomendasi, bisa konsultasi ke BPPT Kabupaten Grobogan yang beralamat Jl P. Diponegoro. No 22 Purwodadi Grobogan, dan Para pelaku usaha ekonomi ataupun masyarakat juga diharapkan dapat mengurus perijinan sendiri, tanpa mengandalkan jasa percaloan "  kata Suprianto .

5Sementara itu dalam kegiatan sosialisasi tersebut di isi juga dari beberapa Nara Sumber diantaranya : Dr. Dr. Indra Kertati, M.Si Dosen FISIP UNTAG Semarang Direktur Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Sumberdaya Pembangunan (LPPSP) dengan materi Pentingnya Izin Usaha dalam menghadapi MEA Tahun 2015, BAPPEDA  tentang Tata Ruang, BLH tentang Izin Lingkungan, Disperndagtamben tentang regulasi perizinan Perdagangan dan Industri, BPPT menyampaikan Informasi SOP serta regulasi Izin Gangguan.

Kegiatan berlangsung dengan lancar sesuai dengan jadwal dan diikuti peserta dari   sektor usaha, Petugas Paten di kecamatan, Assosiasi  dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Kabupaten Grobogan.

Untuk mendapatkan materi yang dibahas dalam kegiatan ssoialisasi ini silahkan klik pada link dibawah ini.

 

sipo ssDirektorat Bina Usaha Perdagangan Kementerian Perdagangan bekerjasama dengan tim konsultan melakukan pemasangan hardware dan integrasi aplikasi Sistim Informasi Perusahaan Online (SIPO)   di Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BPP) Kabupaten Grobogan. Pemasangan aplikasi ini bertujuan untuk mengintegrasikan data-data SIUP, TDP, STPW, dan IUTM secara online dari BPPT  kabupaten Grobogan yang selanjutnya  disimpan secara terpusat di database Kementerian Perdag.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan identifikasi sistem penerbitan SIUP, TDP, STPW, dan IUTM yang telah dilaksanakan oleh Dirjen Perdagangan Dalam Negeri di BPPT Kabupaten Grobogan pada tahun 2014 lalu,  serta penandatanganan Nota  Kesepahaman tentang Implementasi SIPO pada kegiatan FGD di Kementerian Perdagangan.

Dalam kegiatan penerapan aplikasi SIPO tersebut, yang diikuti oleh tim dari Direktorat Bina Usaha Perdagangan dan pejabat beserta staf BPPT Kabupaten  Grobogan sebagai SKPD penerbit, dalam sosialisasi dibahas proses untuk mengintegrasikan aplikasi dan data yang telah ada di BPPT Kabupaten Grobogan dengan aplikasi scheduler milik Kementerian Perdagangan dan penyamaan format data yang dibutuhkan oleh Kementerian Perdagangan. Aplikasi scheduler akan mengirimkan data SIUP, TDP, STPW dan IUTM yang telah didaftarkan   di BPPT Kabupaten Grobogan  secara berkala ke pusat data Kementerian Perdagangan.

Untuk itu Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Grobogan  secara resmi telah menggunakan program  Sistem Perusahaan Online (SIPO) untuk melayanani penerbitan SIUP, TDP, STWP dan IUTM. (An)
P 20151020 092640

 

Pelatihan manajemen Website

 

20150505 092536BPPT – Badan  Pelayanan Perijinan Terpadu (BPPT) Kabupaten Grobogan  menggelar pelatihan manajemen konten website,  pada  hari Rabu  29 April   2015 , dari  Pkl. 09.00-13.00 WIB, di  Ruang Rapat  BPPT  Jalan Diponegoro No 22  Purwodadi, dalam acara pembukaan Kabid Pengaduan, Informasi dan Pengembangan selaku Ketua Panitia, mengatakan  pelatihan konten website ini diikuti 12 peserta dari jajaran staf/karyawan BPPT dari unsur Bidang Pelayanan I dan II, Bidang Penanaman Modal, Bidang Pengaduan, Informasi dan Pengembangan serta Bagian Tata Usaha, dimana nantinya akan ditugaskan untuk pengelolaan situs resmi   website   BPPT Kabupaten Grobogan, sebagai, portal  dan pintu gerbang  informasi dalam bidang perizinan dan nonperizinan, peluang investasi  serta  informasi berkaitan Tupoksi BPPT Kabupaten Grobogan. 

"Pelatihan ini digelar karena website  atau situs  BPPT  yang lama, kurang update, disamping itu isinya juga kurang menarik," kata  Ketua Panitia  . "Tampilan konten atau postingnya juga banyak yang tidak sesuai dengan gaya penulisan online."

Dijelaskan, peserta pelatihan akan diberikan wawasan dan ketrampilan tentang gaya penulisan online (online writing style), teknik menulis berita, disamping itu juga tentang manajemen pengelolaan website.

20150505 100203 “Diharapkan   peserta pelatihan yang akan ditugaskan untuk pengelolaan website BPPT bisa menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab  dan agar memanfaatkan momen pelatihan ini dengan se baik-baiknya  sampai acara berakhir,  khususnya bagi admin pada bidang bisa menjalankan sesuai fungsinya” ujar Ketua Panitia

Dalam pelatihan pengelolaan konten di website BPPT ini   bekerja sama dengan Dinas Perhubungan, Informasi dan Komunikasi  Kabupaten Grobogan. (An) 

Bertempat di Aula Gedung Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Kebersihan pada tanggal 17 Desember 2015, Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Kab. Grobogan menggelar acara evaluasi dan sosialisasi Standar Pelayanan Prosedur Pelayanan Perizinan BPPT Kab Grobogan Tahun 2015 yang dikemas dalam bentuk Focus Group Discussion (FGD). Acara  FGD diawali dengan   sambutan pembukaan  dari Kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu yang diwakili oleh Sdr. Drs Sutrisno selaku Kepala Bagian Tata Usaha Kabupaten Grobogan. Dalam kegiatan yang dipandu oleh Narasumber dari Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Sumberdaya Pembangunan (LPPSP) Semarang ini turut mengundang juga perwakilan dari instansi lain yang berkaitan dengan perizinan.

IMG 9255

"Evaluasi  pelaksanaan Standar Operasional Prosedur (SOP) di Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Grobogan adalah melalui survey yang dilakukan pada sejumlah orang responden terhadap pelaksanaan SOP di instansi pemerintah baik untuk kepentingan internal dan eksternal " kata Sutrisno.  lebih lanjut dalam sambutan pembukaan disampaikan juga  Tujuan FGD ini  adalah untuk mengetahui sejauh mana SOP dan SPP dapat diimplementasikan, mulai dari tingkat pemahaman hingga pelaksanaan, sehingga dapat dingukur tingkat keberhasilan kinerja organisasi yaitu BPPT Kabupaten Grobogan.

Hasil  laporan dari Tim LPPSP menyatakan bahwa  "hasil survey dan pengolahan analisis data evaluasi pelaksanaan  SOP dan SPP  penyelenggaraan pelayanan publik di Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Grobogan 

merupakan hasil  kesimpulan mengenai analisis kondisi serta harapan-harapan masyarakat penerima layanan sebagai responden dalam kegiatan pelayanan publik"
adapun barometer Analisisis Kondisi yang ada yaitu :

Jumlah Kunjungan

Hari ini 7

Kemarin 19

Minggu ini 66

Bulan ini 371

Keseluruhan 22591

Currently are 33 guests and no members online

Go to top