Bertempat di Aula Gedung Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Kebersihan pada tanggal 17 Desember 2015, Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Kab. Grobogan menggelar acara evaluasi dan sosialisasi Standar Pelayanan Prosedur Pelayanan Perizinan BPPT Kab Grobogan Tahun 2015 yang dikemas dalam bentuk Focus Group Discussion (FGD). Acara  FGD diawali dengan   sambutan pembukaan  dari Kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu yang diwakili oleh Sdr. Drs Sutrisno selaku Kepala Bagian Tata Usaha Kabupaten Grobogan. Dalam kegiatan yang dipandu oleh Narasumber dari Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Sumberdaya Pembangunan (LPPSP) Semarang ini turut mengundang juga perwakilan dari instansi lain yang berkaitan dengan perizinan.

IMG 9255

"Evaluasi  pelaksanaan Standar Operasional Prosedur (SOP) di Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Grobogan adalah melalui survey yang dilakukan pada sejumlah orang responden terhadap pelaksanaan SOP di instansi pemerintah baik untuk kepentingan internal dan eksternal " kata Sutrisno.  lebih lanjut dalam sambutan pembukaan disampaikan juga  Tujuan FGD ini  adalah untuk mengetahui sejauh mana SOP dan SPP dapat diimplementasikan, mulai dari tingkat pemahaman hingga pelaksanaan, sehingga dapat dingukur tingkat keberhasilan kinerja organisasi yaitu BPPT Kabupaten Grobogan.

Hasil  laporan dari Tim LPPSP menyatakan bahwa  "hasil survey dan pengolahan analisis data evaluasi pelaksanaan  SOP dan SPP  penyelenggaraan pelayanan publik di Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Grobogan 

merupakan hasil  kesimpulan mengenai analisis kondisi serta harapan-harapan masyarakat penerima layanan sebagai responden dalam kegiatan pelayanan publik"
adapun barometer Analisisis Kondisi yang ada yaitu :

 

  1. Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Grobogan telah memiliki SOP dan SPP dalam melakukan lingkup pekerjaannya sebagai institusi pelayanan publik.
  2. SOP dan SPP yang diterapkan telah menjadi sistem terintegrasi untuk memenuhi standar kualitas pelayanan publik dengan level yang baik pada kemudahan dipahami dan diterima oleh masyarakat, memenuhi persyaratan pelayanan publik, memiliki kesesuaian pelayanan teknis dan jenis layanan, prosedur pelayanan mudah diketahui, alur mudah dipahami, dan pelayanan sesuai dengan SOP yang diterapkan. disamping itu juga pelayanan penyelesaian aduan masyarakat sebagai penyeimbang serta  partisipasi kongkrit dari  masyarakat atas pelayanan publik dan prodaklegalitas  perizinan. 
  3. Institusi telah memiliki komitmen cukup baik sebagai penyelenggara layanan publik dan berupaya untuk mematuhi segala prosedur dan aturan yang ada yang dikuatkan dengan maklumat pelayanan;
  4. Institusi bersifat terbuka atas masukan-masukan dari masyarakat penerima layanan sebagai upaya monitoring dan pengumpulan materi dalam penyempurnaan SOP dan SPP sehingga lebih responsif dan sesuai kebutuhan;
  5. Masyarakat penerima layanan sangat terbantu dengan adanya prosedur standar di dalam institusi ini dalam melakukan pelayanan;
  6. Implementasi SOP dan SPP dengan benar akan berdampak pada peningkatan motivasi dan profesionalisme petugas layanan, empati petugas pada kebutuhan masyarakat, kualitas komunikasi yang baik, dan akhirnya pada transparansi serta akuntabilitas institusi ini.


Harapan masyarakat :

  1. Institusi lebih dapat membuka akses terhadap kebutuhan dan kepentingan masyarakat serta memberikan panduan yang jelas dalam hal kewenangan dan batas layanan;
  2. Institusi dapat memberikan ruang lingkup pelayanan yang lebih luas, dengan sarana prasarana yang lengkap dan terstandar
  3. Institusi dapat memberikan respon yang baik terkait dengan masukan berupa pengaduan atas pelayanan yang diterima;
  4. Institusi dapat meningkatkan kualitas pelayanan melalui perbaikan yang terus menerus pada sistem dan sumber daya manusia, terutama dalam hal up date regulasi, responsibilitas, komunikasi, keterampilan dan keahlian petugas, dan sinergitas.

Acara FGD berjalan lancar atas partisipasi peserta yang memberikan masukan, kritik serta saran untuk evaluasi SPP dan SOP perizinan.

Selanjutnya hasil  evaluasi SPP dan SOP dapat di unduh disini.

 

Add comment


Security code
Refresh

Jumlah Kunjungan

Hari ini 7

Kemarin 19

Minggu ini 66

Bulan ini 371

Keseluruhan 22591

Currently are 31 guests and no members online

Go to top