BLEDUG KUWU

 bledug

Terletak di desa Kuwu Kecamatan Kradenan ± 28 km kea rah timur Purwodadi. Keanehan yang ada di obyek wisata ini adalah letupan-letupan lumpur yang airnya mengandung garam, padahal letupan ini letaknya jauh dari laut. Konon menurut cerita rakyat, keanehan ini disebabkan adanya lubang yang menghubungkan tempat itu dengan laut Selatan. Lubang itu sendiri terjadi dari perjalanan Joko Linglung anak dari Aji Saka yang berwujud seekor naga dari laut Selatan menuju Kerajaan Medang Kamulan.
Bledug Kuwu adalah kawah lumpur (mud volcano), merupakan salah satu obyek wisata andalah di Kabupaten Grobogan selain sumber api abadi Mrapen. Hal yang menari wisatawan untuk datang menyaksikan bledug ini adalah letupan-letupan lumpur yang mengandung garam dan berlangsung terus menerus secara berkala, kira-kira setiap 2 atau 3 menit.
Adanya kandungan garam di tempat itu dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk membuat garam secara tradisional dan sangat menarik untuk dinikmati.
Event : setiap Hari Raya Lebaran diadakan pentas dan hiburan anak-anak.

 

 OBYEK WISATA SENDANG KEYONGAN

keyongan

Sendang keyongan terletak di desa Penganten, Kecamatan Klambu ± 17 km ke arah barat laut kota Purwodadi. Event menarik dari tempat ini yaitu pada Hari Raya 1 Syawal / Kupat diadakan upacara adat yang dilanjutkan dengan mandi di sendang untuk mendapatkan berrkah awet muda. Pada acara tersebut selalu banyak dikunjungi para remaja

 

OBYEK WISATA SENDANG COYO

coyo

Sendang Coyo terletak di desa Mlowokarangtalun, Kecamatan Pulokulon ± 26 km kearah tenggara kota Purwodadi. Merupakan obyek wisata yang berada di tengah hutan jati, dengan panorama alam yang indah dan segar.

Setiap bulan Suro / Muharam pada malam jumat legi selalu diadakan upacara tradisi, yang dilanjutkan dengan mandi bersama di sendng untuk mendapatkan berkah awet muda.

Obyek wisata ini dilengkapi dengan bumi perkemahan yang cukup luas dan menarik bagi pencinta alam

 

API ABADI MRAPEN

Api abadi ini memang kerap menjadi sumber api obor beberapa agenda nasional dan internasional. Mulai dari pesta olahraga internasional Ganefo pada 1 November 1963, dengan jumlah peserta 2.700 atlet dari 51 negara di Asia, Afrika, Eropa dan Amerika Latin. Lalu ada Pekan Olahraga Nasional (PON) XVI 23 Agustus 1996 .

Setiap tahun, api abadi dari Mrapen ini juga digunakan untuk obor upacara Hari Raya Waisak bagi umat Budha.

Terletak di tepi jalan raya purwodadi-semarang berjarak ± 27 km dari kota Purwodadi. Tepatnya di desa Manggarmas, Kecamatan Godong.

Di kompleks ini terdapat beberapa keanehan alam :

  • Api Abadi

Merupakan pesona yang timbul dari keluarnya api dari dalam tanah yang tidak pernah padam walaupun turun hujan.

  • Sendang Dudo

Sebuah sendang yang terletak di dekat api abadi, dimana airnya senantiasa kelihatan mendidih tetapi tidak panas. Letupan air itu menyala bila terkena api.

  • Batu Bobot

Disamping keanehan alam di atas, di kompleks ini juga tersimpan sebuah batu umpak atau “Batu Bobot” yang oleh masyarakat setempat dikeramatkan. Setiap malam jumat kliwon selalu dikunjungi oleh para peziarah dengan maksud tertentu.

 

GUA LAWA DAN GUA MACAN

Obyek wisata ini terletak di desa Sedayu  Kecamatan Grobogan ± 15 km dari Kota Purwodadi ke arah Pati. Di obyek wisata ini pengunjung disuguhi pemandangan bukit kapur yang indah, serta stalaktid dan stalakmit yang ada di dalam Gua Lawa dan Gua Macan.

Kedua gua ini terletak berdekatan. Nama kedua gua ini dinamakan dengan nama binatang yang dahulu sering menghuni gua ini. Namun saat ini sudah tidak ada lagi macan yang tinggal di gua macan tersebut.

Di kedua gua ini dapat dilihat pemandangan alam yang indah berupa gua di tengah rimbunnya pohon dan di dalamnya terdapat banyak stataktid dan stalagmit.

 

GUA MARIA PENADARAN

Keunikan Gua Maria ini terdapat tempat lilin yang disusun rapi sekitar meja altar yang dapat digunakan para peziarah yang menyalakan lilin di pelataran doa Gua Maria. Salah satu uniknyanya dari meja altar ini adalah di bagian bawah meja ada susunan batu yang tertata rapi melambangkan ikan dan roti, tepat dibelakang meja ini terdapat patung Bunda Maria yang bertahta pada bagian atas.

Para peziarah juga dapat langsung mendekat menuju di depan patung bunda maria dengan menaiki jalan tangga paving silinder yang tersusun rapi seperti tangga penghubung antara pelataran dengan atas.

CINDHELARAS

Hutan Cindelaras seluas 33 hektar itu disulap oleh KPH Gundih menjadi obyek wisata alam dan religi, sungguh diluar perkiraan, kesunyian obyek wisata Cindelaras ternyata menyuguhkan keindahan alam yang luar biasa. Ibarat sebagai surge yang tersembunyi di tengah rimbunnya kawasan hutan. Memasuki gerbang Cindelaras, rasa sejuk mulai terasa hingga merasuk tulang.

Di obyek wisata Cindelaras, pohon-pohon tinggi besar berjenis mahoni, johar, akasia putih meredam panasnya sinar matahari menyengat tubuh.

 

AGROWISATA KEBUN BELIMBING

Agro wisata kebun belimbing di kabupaten grobogan jawa tengah semakin dilirik oleh banyak wisatawan. Keunikan yang ditawarkan oleh agro wisata kebun belimbing ini adalah kita sebagai pengunjung dapat memetik sendiri secara langsung buah belimbing tersebut dari pohonnya.

Tentunya ini sangat istimewa karena perawatan kebun tersebut menggunakan bahan organic seperti pupuk kompos dan tidak menggunakan pestisida.

PUNCAK PELANGI DAN GUA GLATIK

Destinasi wisata Puncak Pelangi Gunung Ulo selain menawarkan wisata alam juga menawarkan wisata religi, yakni makam salah saeorang tokoh agama setempat. Di puncak pelangi, pengunjung bisa menikmati hamparan menghijau sambil berswafoto di tempat yang telah disediakan oleh pengelola. Jika ingin sesuatu yang memacu adrenalin, pengelola juga menyediakan beberapa wahana untuk flying fox, climbing, repling, hiking dan hammock. Selain itu ada juga gua untuk caving. Pesona sunrise dan sunset di wisata Puncak Pelangi Gunung Ulo menjadi salah satu andalan. Banyak sekali pengunjung yang rela camping untuk berburu sunrise dan sunset.

 

WADUK NGLANGON

“Danau Toba” dari Grobogan. Waduk Nglangon ini merupakan waduk peninggalan colonial Belanda yang dikelilingi perbukitan hijau dan di tengah ada “pulau kecil” mirip danau toba makin tampak indah.

Atas kreatifitas masyarakat sekitar waduk nglangon, disana ditawarkan adanya pasar digital yang dibuka tiap minggu di minggu pertama dan ketiga pada pukul 6.00 pagi. Pasar tersebut untuk belanja dengan menukarkan uang dengan koin yang terbuat dari bamboo dimana satu koin diharga 2.000 rupiah. Jajanan yang disuguhkan berupa makanan tradisional seperti : wedang rempah, dawet, nasi jagung, lontong lodeh, klepon, gethuk dan masih banyak lagi. Pasar tersebut terletak disebelah setalan waduk nglangon

 

WADUK DUMPIL

Bendungan ini dibangun pada tahun 1980 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahu 1992. Keindahan arsitektur dan panorama layak untuk referensi liburan akhir pecan.

Lokasi : Desa Kalangdosari, Kecamatan Ngaringan Kabupaten Grobogan Jawa Tengah

 

AIR TERJUN WIDURI

widuri

Terletak di desa Kemadohbatur, Kecamatan Tawangharjo kurang lebih 19 km ke arah timur laut kota Purwodadi. Obyek wisata ini berada di tengah kawasan hutan jati dengan panorama alam yang cukup indah dan mempesona. Dengan dilengkapi areal tanah yang cukup luas untu bumi perkemahan, menambah daya tarik wisatawan, khususnya para remaja yang memiliki jiwa petualang dan pecinta alam.

Wisata Air Terjun Widuari adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari-hari biasa maupun hari liburan karena panorama keindahan alam air terjun widuri yang sangat menarik dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari-hari. Pesonanya yang masih terlihat alami ini memberikan daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Terlebih dengan mitos-mitosnya.

 

JATI POHON INDAH

Terdapat kolam renang yang berada di kawasan hutan jati dengan panorama alamnya yang indah, udaranya yang sejuk dan segar. Obyek wisata ini terletak di desa Sumber Jati Pohon, Kecamatan Grobogan ± 12 km sebelah utara kota Purwodadi.

Di JPI ditawarkan pemandangan kota Purwodadi dari atas gunung kapur Kendeng Utara. Ada juga Gunung Lamping yang bisa didaki dengan ketinggian yang lumayan dan sudah dibuatkan anak tangga, sehingga akan lebih mudah untuk mendakinya. Di puncak dapat dinikmasti pemandangan yang menakjubkan baik di siang hari maupun di malam hari. Selain itu di puncak Gunung Lamping juga ada bukit cinta, Gardu Pandang, dan spot foto untuk pengunjung agar bisa menikmati pemandangan alam yang ada sekaligus bisa mengabadikannya.

JPI ini juga menawarkan suasana camping malam yang penuh sensasi dengan menikmati pemandangan kota purwodadi yang sangat indah dimalam hari.

 

RUMAH FOSIL BANJAREJO

Artetak berupa kepala raksasa dan gading gajah purba dengan panjang mencapai 3 meter serta beberapa fosil binatang purba, terpajang di Rumah Fosil Banjarejo.

Ratusan fosil binatang purbakala mulai dari kepala kerbau raksasa, gading gajah, gigi gajah purba, kerang raksasa, tengkorak buaya raksasa serta benda-benda peninggalan jaman megalitikum dan kerajaan Medang Kamulan tersimpan di sana.

Jumlah Kunjungan

Hari ini 12

Kemarin 34

Minggu ini 228

Bulan ini 429

Keseluruhan 33899

Currently are 10 guests and no members online

Lokasi Kantor

Survey Kepuasan Masyarakat

Dari hasil kuesioner yang telah diberikan kepada pemohon yang telah datang ke kantor DPMPTSP Kabupaten Grobogan selama tahun 2018 , maka diperoleh hasil Nilai Indek Kepuasan Masyarakat sebesar 77,61 (Mutu Pelayanan B)

Go to top